Business Plan


Supply And Demand Business Assumption

Suatu kondisi di mana harga meningkat maka permintaan menurun, sebaliknya kondisi harga menurun maka permintaan meningkat (hukum permintaan).

Suatu kondisi di mana harga meningkat maka penawaran meningkat, dan kondisi harga menurun maka penawaran menurun (hukum penawaran).

Dalam merencanakan permintaan dan penawaran, perusahaan sebelumnya merumuskan:

1.      Marketing Mix (bauran pemasaran) yaitu analisis:

Product: Produk apa yang akan ditawarkan (sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan daya beli/permintaan)
Price: Penentuan harga produk (berdasarkan biaya operasional, harga pasar, berdasarkan nilai pelanggan)
Promotion: Jenis promosi apa yang diterapkan (public relation, personal selling, advertisement, Sales promotion)
Place: Metode distribusi barang yang diterapkan.

2.      Segmentasi Pasar

Segmentasi geografis
Segmentasi demografis
Segmentasi manfaat
Segmentasi tingkat penggunaan

3.      Targeting
Penentuan target pasar:
-          Target pasar terkonsentrasi
-          Target pasar majemuk
-          Target pasar campuran

4.      Positioning
Penggunaan merek, kualitas, fitur, kemudahan mengaplikasikan.

5.      Rencana Anggaran Penjualan
Sales Budgeting (rencana penjualan) adalah dokumen induk (master document) perusahaan yang menunjukkan seberapa besar penjualan yang akan dicapai perusahaan dalam suatu periode tertentu. Selanjutnya dari rencana penjualan dapat ditentukan berapa besar produksi barang yang diperlukan, waktu yang diperlukan untuk berproduksi, biaya-biaya operasional sampai dengan biaya bahan baku.


Dari analisis di atas (merumuskan marketing mix, segmentasi, targeting, dan positioning) maka perusahaan dapat menentukan pasar yang akan ditujunya.

Selanjutnya perusahaan melakukan analisis pasar:
Mulai dari profil konsumen, potensi dan segmentasi pasar, pesaing dan peluang pasar, target rencana penjualan realistis yang akan dicapai seperti dijelaskan di no.5, dan laba yang diinginkan perusahaan.

Simpulan:
Dalam merencanakan penawaran dan permintaan diperlukan:
- Perumusan (marketing mix, segmentasi pasar (segmenting), penentuan target pasar (targeting), positioning)
-     Rencana anggaran penjualan periode tertentu